Warga Desa Rengasdengklok Selatan Gelar Sedekah Bumi

Sabtu, 25 Mei 2024, Mei 25, 2024 WIB Last Updated 2024-05-25T13:08:00Z


Karawang, Online_datapublik.com - Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas karunianya, warga Desa Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat menggelar sedekah bumi di alun-alun Bojong Tugu Rengasdengklok," Sabtu (25/5/2024) siang.

Menurut Asih Mintarsih Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, selain sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, tradisi sedekah bumi ini juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodaqoh berupa makanan.


"Sedekah bumi ini juga merupakan wujud dalam pelestarian budaya turun-temurun, yang mana kata orang-orang terdahulu sedekah bumi dapat menolak bala (musibah), karena sedekah bumi sama dengan memberi sodaqoh," ucapnya.


Adapun susunan acara dalam Sedekah Bumi ini adalah :

13:00 Persiapan

14:00 Ziarah ke makam Ki Masrin

15:30 Ngarak Dongdang

16:00 Babaritan

- Pembukaan

- Kidung Salamet

- Laporan Panitia

- Sambutan Kepala Desa

- Do'a

17:00 Hiburan (pendukung acara)

- Silat / Debus dan lain-lain

- Pengobatan Physioteraphi

- Tutorial cara memakai ikat sunda


Selanjutnya kata Asih, sedekah bumi ini adalah budaya masyarakat yang menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturahmi antar warga, juga menciptakan keeratan warga dalam membangun pemerintah desa yang unggul.


"Untuk itu, saya minta kepada semua warga desa Rengasdengklok Selatan untuk terus mempertahankan tradisi ini," pungkasnya.


(Alim)

Komentar

Tampilkan

Terkini