Pityriasis Rosea Adalah Suatu Penyakit Yang Tak Secantik Namanya

Kamis, 23 Juli 2020, Juli 23, 2020 WIB Last Updated 2020-07-23T06:25:22Z
Foto : Isnawati Taryono salah satu dokter yang saat ini bekerja di rumah sakit paru jatisari karawang

Karawang, Online-datapublik.com
Ada banyak jenis penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak, salah satunya adalah Pityriasis Rosea.
Pityriasis rosea adalah suatu penyakit kulit yang sebenarnya bisa sembuh sendiri. Namun masa penyembuhannya sangatlah lama bisa sampai 1- 3 bulan dan sehingga bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri pada penderitanya.
Karena bentuk ruam yang menyeramkan.
Kelainannya pun khas berupa plakat eritematosa berbentuk lingkaran atau oval yang bahasa kedokterannya dinamakan herald patch. Dan biasanya ditemukan pada punggung atau dada dan terkadang bisa juga sampai ke wajah, lama lama ruam tersebut bila bersatu akan berbentuk seperti pohon natal.
Gambar salah jenis penyakit pityriasis rosea

Penyakit kulit ini lebih sering dijumpai pada pasien yang berusia 15-30 tahun.  Penyebab pityriasis rosea belum diketahui secara pasti, namun dikaitkan dengan infeksi, atopik dan autoimun. Tapi ada juga ditemukan pada beberapa orang yang telah mengalami cacar berulang dan saat bertemu dengan penderita cacar dan ia daya tahan tubuhnya turun.

 Pencegahan Pityriasis Rosea
Oleh karena penyebabnya yang belum diketahui, pencegahan terhadap penyakit ini juga belum dapat dilakukan. Kendati tidak menular, seseorang yang terkena penyakit ini hendaknya memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang sesuai.

Diagosisnya juga hanya berdasarkan anamnesis dan gambaran ruam, ruamnya menunjukan lesi kemerahan, berskuama keputihan dan bercak- bercak pembuluh darah yang irregular dan patchy.
Sebagaimana penanganan pityriasis rosea lebih bersifat menangani gejalanya yaitu dengan pemberian pelembab kulit, obat antigatal dan pengobatan untuk gejala radang pada kulitnya.  Pemberian antibiotic dan antivirus juga kadang diperlukan untuk mempercepat penyembuhan lesi dan rasa gatal. Dan sebaiknya bila gejala memberat silahkan hubungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

Pengobatan Pityriasis Rosea.
Pityriasis rosea adalah kondisi yang tidak memerlukan perawatan khusus, dan pada sebagian besar kasus dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 12 minggu.
Profil dari dr isnawati Taryono :
* SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
2008-2012
 * PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

* PENGALAMAN KERJA
Dokter PTT daerah Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur.
Dokter IGD RS Helsa Cikampek. 
Dokter umum di Rs Paru Karawang
November  2014 -Mei 2020 sampai sekarang. 
* RSUD Ruteng kabupaten Manggarai , Flores – Nusa Tenggara Timur
* Puskesmas Timung kabupaten Manggarai , Flores – Nusa Tenggara Timur. 
* Puskesmas weliman kabupaten Malaka, Nusa tenggara timur.
* RS Helsa Cikampek, Jl ir Juanda No 123 Cikampek Karawang.
* RS Khusus Paru Kabupaten Karawang 

Jl. Raya Jatisari no 3 jatisari Karawang. 

Demikian sebuah Artikel dari seorang dr isnawati Taryono yang sekarang sedang mempersiapkan menempuh profesi spesialis kulit dan kelamin, Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat masyarakat banyak.

( Red/dr isnawati )

Komentar

Tampilkan

Terkini