Gandeng Aktor Arie Wibowo, Kajari Karawang Sosialisasi Hari Anti Korupsi Sedunia

Rabu, 06 Desember 2023, Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-07T07:43:44Z


Karawang, Online_datapublik.com
- Kejaksaan Negeri Karawang menggandeng aktor Arie Wibowo menyambut peringatan Hari AntiKorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023, Rabu 6 Desember 2023.


Dengan mengusung tema "Sinergi berantas korupsi, untuk Indonesia maju", Kejari bersama Arie Wibowo lakukan sosialisasi di SMAN 5 Karawang dan berinteraksi langsung dengan warga di sekitaran perempatan jalan depan Kantor Imigrasi Karawang untuk membagikan cendera mata kepada pengguna jalan. 


Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karawang, Syaifullah mengatakan dalam memperingati Hakordia, pihaknya sengaja melibatkan aktor ternama Indonesia, karena anak sekolah dan guru-guru akan lebih tertarik dengan daya entertainnya.


"Kejaksaan Negeri Karawang mengundang aktor ternama Arie Wibowo yang kebetulan itu sahabat kita," ucapnya 


Syaifullah menambahkan dengan menanamkan edukasi anti korupsi sejak dini kepada anak-anak sekolah dan guru-guru terkait proses pendidikan, dimulai dari contoh terkecil seperti tidak menyelewengkan uang saku dan SPP sekolah.


"Itu salah satu contoh penyalahgunaan, gambaran kecil untuk anak-anak sekolah. Kalau itu diselewengkan digunakan tidak benar, termasuk korupsi kecil bukan uang negara tapi korupsi kepada orang tua," kata Syaifullah.


Tagline hari ini "Hebat! No Korupsi Hebat!" Kejaksaan Karawang Hebat, SMAN 5 Karawang Hebat.


Dikatakannya, Hebat dalam hal ini adalah humanis efektif bersahabat akuntabel dan tangguh.


"Dengan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang diperingati setiap 9 Desember, sejak dini anak-anak dapat memahami kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab dalam bentuk kesehariannya, begitu juga pihak sekolah dalam kepengurusannya benar-benar dapat mendidik anak-anak dengan baik, ketika menggunakan dana anggaran sesuai dengan juklak juknis dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB)," ucapnya.


Lebih jauh Syaifullah menuturkan, dirinya bersyukur serta mengapresiasi SMAN 5 Karawang terkait banyak prestasi yang diraih, meningkatnya mutu pendidikan dan cukup berhasil. 


"Peran besar jasa seorang guru, kamipun ketika berdiri di sini sebagai Kajari, saya berhasil bisa begini dari guru-guru, dan guru itu adalah pahlawan tanpa tanda jasa," ujarnya.


Selain itu, Syaifullah menekankan mendorong warga Karawang terus bertindak obyektif umpama ada temuan yang diketahui perkara korupsi yang fantastis dan besar, jangan sungkan untuk melaporkan.


"Bukan menampikan korupsi yang kecil-kecil tetap tertangani, tapi agar tidak terabaikan pengungkapan korupsi yang besar-besar, justru saya harapkan korupsi yang besar-besar ini supaya bisa naik ke pengadilan," tegasnya.


Ia meminta supaya masyarakat Karawang terus memonitor kinerja Kejaksaan Karawang dan mengawasi seumpama "main-main" dalam penanganan perkara korupsi.


"Ketika dalam hal ini diberikan amanah diberikan kepercayaan untuk membenahi infrastruktur Kabupaten Karawang, terus main-main di dalam proyek tersebut, justru itu merugikan daerah itu sendiri," pungkasnya.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini