KPU KARAWANG EVALUASI PELAKSANAAN PEMILU 2019

Rabu, 31 Juli 2019, Juli 31, 2019 WIB Last Updated 2019-08-06T02:17:40Z

Karawang, Online-datapublik.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, menggelar evaluasi fasilitasi, kampanye pemilihan umum serentak tahun 2019, bertempat di Hotel Swiss Bell Inn, Selasa (30/07).
Ketua KPU Kabupaten Karawang, Miftah Farid mengatakan kegiatan ini adalah melakukan evaluasi terhadap tahapan kampanye secara khusus yang telah berlangsung, sekaligus perbaikan untuk pelaksanaan Pilkada yang akan datang. 

"Seperti pemilihan umum kemarin, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan kedepan, perspektif dari pengawasan, dari penyelenggara teknis KPU baik dari unsur keamanan TNI-Polri dan juga dari perspektif peserta Pemilu, yaitu  partai politik," ungkapnya kepada Online-datapublik.com, Senin (30/07).

Dikatakannya, beberapa hal tersebut digabungkan dan dirangkum untuk dibahas dan dijadikan rekomendasi untuk pembahasan di tingkatan KPU Provinsi Jawa Barat dan KPU RI. 

"Hal yang krusial seperti dalam pengaturan zonasi, sempat yang diatur itu yang diperbolehkan pada pembahasan kampanye. Ada beberapa perbaikan, diatur untuk yang tidak diperbolehkannya saja, jadi memberikan keleluasaan kepada para pihak untuk mensosialisasikan profilnya," ucapnya. 

Lanjutnya, kemudian kesadaran bersama untuk percepatan proses fasilitasi alat peraga kampanye (APK) dalam hal pencetakan. Untuk desain harus dilakukan dari awal dan  diserahkan ke KPU. 

"Jadi dari sisi parpolnya pun mengkritisi diri sendiri. kami pun dari sisi penyelenggara dan Bawaslu autokritik untuk perbaikan kedepan. Sanksinya yang paling ringan diturunkan oleh pihak yang berwenang ketika tidak sesuai dengan zonasi," pungkasnya.

(Yogie) 

Komentar

Tampilkan

Terkini