• Jelajahi

    Copyright © ondatapublik.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemkab Karawang Gelar Upacara Bulan Menanam Pohon Nasional 2023

    Jumat, 15 Desember 2023, Desember 15, 2023 WIB Last Updated 2023-12-16T02:55:08Z


    Karawang, Online_datapublik.com
    - Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menyelenggarakan Upacara Bulan Menanam Pohon Nasional Tahun 2023 di Denharlat Kostrad, Karawang," Jum’at (15/12/2023).


    Upacara ini dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karawang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tenaga Pendidik, Komunitas, Gapoktan, Pramuka, dan Perusahaan.


    Pelaksanaan Upacara Bulan Menanam Pohon Nasional merujuk pada amanat Kepresidenan Nomor 24 Tahun 2008 mengenai Hari Menanam Pohon Nasional, serta Surat Edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


    Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang urgensi pemulihan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.


    Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, dalam sambutannya menyoroti pentingnya gerakan menanam pohon sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan.


    Ia berharap bahwa gerakan ini tidak hanya terbatas di wilayah Karawang Selatan, tetapi dapat melibatkan seluruh wilayah, melibatkan semua lapisan masyarakat.


    "Kami berharap gerakan menanam pohon ini tidak hanya di Karawang Selatan, tidak hanya mempertahankan sumber-sumber mata air, namun juga di kecamatan-kecamatan lain seperti Telukjambe, Ciampel, Karawang," ucap Sekda Acep.


    Dalam konteks persiapan menghadapi musim kemarau, Kepala DLHK Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan, menyatakan bahwa penanaman pohon juga menjadi upaya untuk mengantisipasi musim kemarau yang panjang.


    Wilayah yang dianggap gundul mendapat prioritas dalam penanaman pohon, khususnya di sekitar sumber mata air.


    "Diharapkan dengan upaya tersebut kita akan lebih siap menghadapi musim kemarau, kemudian untuk memulihkan sumber daya alam hutan dan lahan, adaptasi perubahan iklim dan mitigasi bencana alam, mengatasi pemanasan global, mengatasi polusi udara," tambah Wawan.


    (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini